Tuesday, July 30, 2013

Simple Financial Planning Menjelang-Lebaran-Setelahnya

Hello bloggers! 
Counting 5 days to super-super-long-weekend! Setidaknya untuk saya yang bekerja Senin-Jumat, 6 (berangkat)- 6.30 (tiba). Big thanks to libur lebaran ditambah cuti bersama membuat saya bisa mudik selama seminggu.
Buat kamu yang akan menyambut lebaran pasti sudah siap-siap sana sini, beli ini itu, beli tiket mudik (harganya sudah mulai gila cuy!), beli baju baru, bagi yang sudah berpenghasilan menyiapkan "angpau" untuk sanak saudara, seems fun ya! :) Saya memang tidak merayakan Idul Fitri, tapi saya turut excited dengan perayaan tiap tahunnya.
Nah bagi kamu yang baru saja memiliki menghasilan seperti saya, atau yang sudah lama berpenghasilan, ada nggak sih perencanaan khusus atau kiat-kiat mengatur keuangan menjelang lebaran? Saya yang tidak ikut berpuasa saja sudah cukup kewalahan dengan berbagai acara buka bersama (baca: silaturahmi) yang datang bertubi-tubi sebulan ini. Puasa tapi pengeluaran kok malah membludak?:) Mau tidak mau kita harus memikirkan, jangan sampai perayaan lebaran yang harusnya penuh berkah malah membuat kita membobol tabungan atau menambah utang kartu kredit yang menyisakan duka di bulan depan :(. 
Sering membaca kultweet #FinClinic dari Ibu Ligwina Hananto (@mrshananto)? Kalau iya, kita sama! Saya suka sekali mengikuti saran-saran dan tips dari Mbak Wina tentang perencanaan keuangan. Jadi saya akan coba menuliskan simple tips tentang merencanakan keuangan menyambut lebaran yang terinspirasi dari kultweet #FinClinic dari Mbak Wina.

Pertama, "Manfaatkan Tunjangan Hari Raya".

source
Sudah menerima Tunjangan Hari Raya?Kalau sudah, selamat! THR baiknya dibagi ke dalam beberapa pos (semoga nominalnya lumayan ya jadi cukup). Pos-pos tersebut adalah zakat, "angpau" sanak saudara, THR helper (kalau ada), beli makanan untuk di rumah, dan belanja pakaian. Syukur-syukur kalau jumlah THR berlebih dapat dibuat satu pos lagi yaitu "saving". Biasanya masalah para wanita adalah kalap kalau belanja pakaian, iya nggak? Apalagi pas banget banyak label "end of season sale" dan "further reduction sale" di mall-mall. Sebenarnya ini bisa menjadi keuntungan lo. Disinilah para wanita harus membuktikan kalau kita adalah SMART SPENDER
Nah, dengan dibuat pos-pos dari THR, gaji kita tidak akan terganggu. Planning untuk penghasilan bulanan sudah ada kan? Tinggal dijalankan sesuai rencana semula. Bulan setelah lebaran?Amaaaaaannnnn...

Kedua, "Siapkan dari Tahun Sebelumnya"

source
Maksudnya, jika merasa THR tidak cukup mengcover semua keperluan lebaran, kita harus mulai menyisihkan penghasilan kita dari lebaran sekarang untuk lebaran yang akan datang. Sebulannya terserah. Misalnya 200 ribu saja tiap bulan, kita akan punya tambahan sekitar 2 jutaan untuk dipakai lebaran tahun depan. Tapi harus disiplin ya! Jangan "gatal" savingnya dibobol terus tiap bulan :). Sebaiknya ditempatkan terpisah dengan tabungan lainnya.

Ketiga, "Extra Planning di Bulan Puasa"

Bedakan rencana pengeluaran untuk bulan puasa dengan bulan-bulan lainnya. Terutama di pos "hang-out". Akan ada banyak undangan buka bersama, jadi bersiaplah! Untuk tiket mudik/liburan, kita harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari. Lebih bagus lagi jika memang telah memiliki tabungan khusus yang ditujukan untuk liburan. Pesan tiketnya juga bukankah lebih enak kalau jauh-jauh hari? Jadwal libur kan sudah ada dari awal tahun (cuti kalau kepepet). Untuk tiket pesawat banyak promo early bird fares lo kalau jauh-jauh hari. Jadi kita bisa berhemat, dan tidak perlu mengganggu THR untuk urusan ongkos mudik.

source

Nah, kira-kira itu amunisinya agar keuangan setelah merayakan Idul Fitri tetap aman. Sebaik apapun rencananya, jika kita tidak disiplin semuanya akan gagal. Jangan perencanaan saja yang baik tapi pelaksanaannya suka "curi-curi". Terlambat atau belum, dengan sisa waktu yang sedikit ini mari kita perbaiki.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri.

PS : Ditulis dari kacamata penulis yang belum berkeluarga dan tidak merayakan Idul Fitri :)

2 comments:

Sety Awan said...

nice things planner , thanks...

Githa Adhi Pramana said...

kapan kawin??